Cara Flash Oppo A39 Via Flashtool

Posted on
Cara Flash Oppo A39 Via Flashtool
5 (100%) 1 vote

Cara Flash Oppo A39 Via Flashtool – Pada akhir tahun 2016 yang lalu Oppo sempat mengeluarkan dua tipe ponsel cerdas barunya kala itu. Dimana ponsel cerdas itu adalah Oppo Raisa Phone F1s dan Oppo A39. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang tidak dapat dibanding langsung secara detail. Dimana Oppo Raisa merupakan varian dari Oppo F1s edisi terbatas dengan signature dan branding dari seorang penyanyi cantik yaitu Raisa. Sedangkan untuk Oppo A39 tidak seperti Raisa Phone yang menggunakan Kamera selfie expert yang baik, Oppo A39 memiliki kekutan dari segi dapur pacu yang lebih mutakhir.

Dimana ponsel cerdas A39 menggunakan RAM 3GB, CPU Mediatek MTK6750 8 inti Octa-core processor dengan kecepatan tangguh yaitu 4x1.5 GHz Cortex-A53 & 4x1.0 GHz Cortex-A53. Sehingga untuk bermain game berat sekalipun seperti Grand Theft Auto di ponsel itu masih bisa dijalankan tanpa ada gangguan lagging atau melambat yang sejatinya dialami pada perangkat lawas.

Tidak hanya itu, tampilan ponsel ini sudah Upgradable hingga ke Color OS 3.0 dengan basis Android 5.1 Lollipop. Kecanggihan software 5.1 Lollipop belum dapat dikatakan sangat lawas, sebab beberapa perangkat setahun belakangan masih menggunakan versi Android ini dengan pengalaman penggunaan yang masih baik. Namun beberapa pengguna mungkin sudah akan mengalami masalah-masalah kecil seperti lagging, stuck di jendela tertentu, aplikasi sering keluar sendiri atau masalah ringan lainnya. Untuk ini biasanya Anda bisa melakukan perubahaan dalam folder system atau dengan membersihkan tumpukan file sampah di memori internal ponsel. Jika itu tidak memberikan efek sama sekali, maka salah satu alternatifnya adalah dengan melakukan flashing.

Flashing bisa Anda lakukan dengan menggunakan firmware atau stock rom yang terjamin. Ini karena melibatkan software atau os yang akan digunakan di ponsel Anda. Maka demikian dibawah ini adalah file firmware untuk Oppo A39 terbaru yang dapat diunduh melalui Google Drive lengkap beserta langkah dan cara flashing melalui flash tool.

Bahan Flash Oppo A39

Cara Flash Oppo A39 CPH1605  Via Flashtool

  1. Download semua file yang dicantumkan diatas, kemudian ekstrak dan install di komputer PC.
  2. Buka SP Flash Tool dari komputer PC
  3. Setelah Flashtool terbuka, pilih bagian "Scatter-Loading", kemudianc ari file "MT65xx_Android_Scatter.txt" pada folder firmware Oppo A39 original yang sudah di ekstrak dan klik "Open".
  4. Sesaat kemudian, flashtool akan menampilkan semua file scatter yang dipilih sebelumnya. Kemudian centang semua pilihan disamping nama file yang tampil.
  5. Pilih "Download Only" pada menu Dropdown yang tersedia.
  6. Klik tombol "Download" untuk mulai proses flashing file ke ponsel Oppo A39 Anda.
  7. Matikan ponsel Oppo A39 Anda, dan pastikan bahwa semua driver yang dibutuhkan telah terinstall dengan benar di komputer Anda.
  8. Hubungkan ponsel Anda ke komputer menggunakan kabel data USB sembari menekan tahan tombol Volume Up/Down hingga proses flashing berjalan. Proses ini ditandai dengan munculnya bar berwarna kuning.
  9. Tunggu hingga proses flashing selesai. Proses ini biasanya membutuhkan wktu sekitar 5-10 menit.
  10. Setelah flashing selesai, sebuah pemberitahuan akan muncul yang bertuliskan "Download OK" disertai dengan logo centang berwarna hijau dan seketika ponsel akan reboot dengan sendirinya.

Sesaat setelah ponsel oppo Anda sudah hidup kembali. Maka Anda sudah bisa menggunak ponsel Anda seperti biasanya.