Cara Flash Oppo F1S Via SD Card

Posted on
Cara Flash Oppo F1S Via SD Card
Rate this post

Cara Flash Oppo F1S A1601 Via SD Card - Oppo merupakan salah satu produsen merek ponsel cerdas yang sebagian mendominasi pasar Indonesia. Ponsel yang masih sama naungan dengan Vivo dalam induk perusahan BBK Electronic ini, tergolong ponsel cerdas yang banyak dimiliki oleh pengguna Android di Indonesia. Salah satu ponsel ternama mereka yang berhasil menarik minat para pengguna Indonesia adalah F1s Selfie Expert. Ponsel ini pertama kali mereka perkenalkan dengan kekuatan dan andalan dari kamera depan yang mereka klaim super duper bokeh untuk digunakan yang doyan selfie.

Ponsel ini di pertama kali di luncurkan pada agustus tahun 2016 kemarin dengan segudang fitur aplikasi bawaan yang menarik. Kinerja sistem operasi ponsel ini juga tergolong baik, dengan RAM hingga 3 GB dan CPU MediaTek MTK6750 dengan 4 inti Quad-Core, sehingga bisa mempercepat kinerja processor hingga 1,8 Ghz. Tentu ini tergolong baik untuk segemen pasar di tahun 2016 kemarin. Bahkan masih sangat layak pakai sampai tahun 2018 ini.

Namun ada masalah-masalah kecil yang umum terjadi setelah beberapa tahun pemakaian, masalah kecil itu seperti stuck di aplikasi yang tidak digerakan, aplikasi kadang keluar sendiri, lagging atau melambat, dan yang lebih parahnya adalah kasus dimana ponsel mengalami bootloop. Masalah ini dasarnya tidak perlu dikhawatirkan, selama permasalahan ini hanyalah bersumber dari operating sistem atau software dari ponsel. Sebisa mungkin hal ini dapat diatasi dengan mudah. Salah satunya adalah dengan melakukan flashing.


Melakukan flashing paling umum digunakan ketika kinerja ponsel mengalami penurunan atau drop yang berdampak pada penggunaan ponsel itu sendiri. Namun paling sering menjadi solusi ketika mengalami bootloop. Untungnya stock rom untuk ponsel Oppo F1s ini cukup mudah didapatkan, bahkan dapat Anda unduh melalui tautan dibawah lengkap beserta panduan bagaimana cara flashing atau instalasi ulang Oppo F1s.

Bahan Flash Oppo F1s

  • Stock Rom / Firmware disini
  • SD Card atau Kartu Memori Minimal 4GB

Cara Flash Oppo F1S A1601 Via SD Card

  1. Download Firmware Oppo F1S melalui tautan yang disediakan diatas.
  2. Pindahkan File Firmware dalam format zip yang telah didownload sebelumnya ke Kartu Memori atau SD Card Anda. Tempatkan pada folder yang mudah ditemukan nantinya.
  3. Nonaktifkan ponsel Anda.
  4. Masuk ke Mode Recovery, caranya dengan menekan tombol “Volume Down + Power” secara bersamaan.
  5. Setelah muncul Logo ColorOs, lepas kedua tombol tersebut.
  6. Pilih "Apply Update From SD Card" dari dalam Mode recovery.
  7. Cari file firmware yang telah Anda pindahkan ke kartu memori Anda. Tekan tombol Power untuk memilih file tersebut.
  8. Proses flashing akan memulai beberapa waktu. Anda cukup menunggu proses ini hingga selesai.
  9. Setelah selesai, ponsel Anda mungkin akan reboot otomatis. Jika tidak, tekan tombol "Reboot Now" di layar ponsel Anda.
  10. Setelah ponsel Anda aktif kembali, Anda sudah siap untuk menggunakan ponsel Anda.

Demikianlah artikel singkat mengenai tautan download stock rom lengkap beserta panduan dan langkah mudah untuk flashing Oppo F1s A1601 melalui SD Card untuk mengatasi masalah software seperti bootloop, stuck logo, lagging, aplikasi auto force closed, dan banyak lagi.