Cara Flash Oppo R7 Bootloop Via SD Card

Posted on
Cara Flash Oppo R7 Bootloop Via SD Card
Rate this post

Cara Flash Oppo R7, R7 Plus, dan R7s Bootloop Via SD Card - Oppo R7, R7s, R7 Plus, dan R7 Lite merupakan varian smartphone flagship yang pernah dikeluarkan oleh produsen oppo untuk pengguna kelas menengah. Ponsel ini tergolong cukup banyak diminati karena memiliki spesifikasi dan tampilan yang sudah sangat memenuhi kebutuhan dari pengguna smartphone seperti untuk keperluan gaming dan kamera.

Ponsel cerdas ini sudah diluncurkan beberapa tahun yang lalu, namun belum terbilang sangat lawas. Ponsel ini dikeluarkan pertama kali pada agustus 2016 dengan varian pertama Oppo R7. Tahun 2016 belum lama, jika dihitung dari tahun 2018 saat artikel ini diterbitkan. Tapi melihat dari pengalaman pengguna yang sudah mulai rentang mengalami masalah software di usia penggunaan 2 tahun, terlintas bahwa tidak semestinya masalah itu bisa terjadi dalam waktu yang cukup dekat ini.

Berdasarkan komentar pengguna dari forum online penggemar gadget, beberapa pengguna Oppo R7 sudah mulai mengalami masalah-masalah pada software seperti lagging, hang, aplikasi keluar sering keluar sendiri, ponsel sering restart sendiri, dan yang parahnya terjadi bootloop. Tidak diketahui bagaimana mereka menggunakan atau mungkin menggunakan ponsel Anda sehingga bisa mengakibatkan masalah tersebut.

Namun untuk masalah software sendiri, itu sangatlah mudah untuk diatasi. Selama memiliki file firmware atau rom untuk jenis ponsel yang kita miliki, itu bisa diatasi dengan cara flashing. Lebih jelasnya mengenai cara flashing pada oppo r7, bisa dilihat pada uraian dibawah ini.

Bahan Flash Oppo R7

  • Stock Rom / Firmware disini
  • SD Card atau Kartu Memori Minimal 4GB

Cara Flash Oppo R7 Via SD Card

  1. Download Firmware Oppo R7 melalui tautan yang disediakan diatas.
  2. Pindahkan File Firmware dalam format zip yang telah didownload sebelumnya ke Kartu Memori atau SD Card Anda. Tempatkan pada folder yang mudah ditemukan nantinya.
  3. Nonaktifkan ponsel Anda.
  4. Masuk ke Mode Recovery, caranya dengan menekan tombol “Volume Down + Power” secara bersamaan.
  5. Setelah muncul Logo ColorOs, lepas kedua tombol tersebut.
  6. Pilih "Apply Update From SD Card" dari dalam Mode recovery.
  7. Cari file firmware yang telah Anda pindahkan ke kartu memori Anda. Tekan tombol Power untuk memilih file tersebut.
  8. Proses flashing akan memulai beberapa waktu. Anda cukup menunggu proses ini hingga selesai.
  9. Setelah selesai, ponsel Anda mungkin akan reboot otomatis. Jika tidak, tekan tombol "Reboot Now" di layar ponsel Anda.
  10. Setelah ponsel Anda aktif kembali, Anda sudah siap untuk menggunakan ponsel Anda.

Itulah beberapa uraian singkat mengenai cara flashing beserta tautan download stock rom / firmware oppo r7 dengan mudah dan cepat untuk mengatasi masalah-masalah software seperti bootloop, lupa password atau pola layar kunci, aplikasi sering keluar sendiri, ponsel sering restart sendiri, dan masalah lainnya. Selebinya semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah software atau operating sistem di ponsel cerdas Anda.