Cara Flash Samsung Galaxy S6 SM-G920F Via Odin

Posted on
Cara Flash Samsung Galaxy S6 SM-G920F Via Odin
Rate this post

Cara Flash Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge SM-G920F Via Odin – Flashing merupakan salah satu cara alternatif atau metode yang digunakan ketika ponsel kita mengalami masalah-masalah terhadap software Androidnya, misalnya mengalami gagal booting, bootloop, stuck aplikasi, aplikasi keluar sendiri, lagging atau melambat, dan masalah software lainnya. Metode flashing juga digunakan ketika kita ingin melakukan downgrade atau menurunkan versi Android atau Upgrade versi Android ponsel kita menjadi yang lebih baru.

Semua itu tergantung kebutuhan apa yang kita inginkan untuk melakukan flashing. Termasuk pada ponsel Samsung Galaxy S6 / S6 Edge. Pada saat pertama kali diluncurkannya ponsel ini di tahun 2015, ponsel ini tergolong menggunakan versi Android yang paling baru saat itu, yakni android 6.0.1 Marshmallow. Versi android bahkan masih banyak digunakan oleh berbagai smartphone keluaran baru saat ini. Namun tentu untuk versi android baru kini yang paling umum adalah Android 7.0.1 nougat dan Android 8.0 Oreo untuk versi beta atau non-public saat ini yang dapat pula di unduh melalui tautan dibawah atau situs lainnya.

Android 6.0.1 marshmallow masih tergolong layak untuk digunakan saat ini, namun ada beberapa kendala seperti masalah software seperti yang diuraikan sebelumnya. Masalah seperti ini tentu paling rawan dialami ketika seseorang telah melakukan rooting di ponsel mereka, terlepas dari itu juga salah satu faktornya adalah usia penggunaan. Cache, Cookies, dan data-data penggunaan selama beberapa tahun, itu bisa saja menumpuk dan membuat masalah seperti corrupt atau conflict data yang berdampak pada kinerja penggunaan sistem android.


Untuk masalah ringan, ini bisa diatasi menjurus dengan melakukan beberapa tweaks atau perubahaan dalam folder system Android. Namun untuk masalah berat, seperti bootloop, stuck, dan lainnya yang tidak memungkinkian untuk melakukan apapun. Mau tidak mau Anda mungkin harus melakukan flashing.

Jika benar itu adanya, Anda bisa melakukan flashing untuk ponsel Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge SM-G920F dengan sangat mudah melalui langkah dibawah ini:

Bahan Flash Samsung Galaxy S6 / S6 Edge

Cara Flash Samsung Galaxy S6 / S6 Edge Via Odin

  1. Download semua file yang diperlukan diatas, setelah itu ekstrak filenya.
  2. Install USB Driver Samsung di komputer/laptop Anda.
  3. Buka aplikasi Odin Flash Tool dari komputer Anda.
  4. Klik tombol bertuliskan “AP” kemudian cari file Stock Rom / Firmware yang telah Anda download sebelumnya.
  5. Centang kolom disamping tombol yang bertuliskan “AP”.
  6. Matikan Samsung Galaxy S6 Anda.
  7. Masuk ke Mode Odin, caranya tekan dan tahan tombol “Volume bawah + Power + Home”.
  8. Setelah layar bertuliskan “Warning!” muncul, tekan tombol “Volume Atas” untuk masuk ke mode Download Odin.
  9. Hubungkan Samsung S6/S6 Edge Anda ke komputer menggunakan kabel data USB.
  10. Klik Tombol “Start” dari aplikasi Odin Flash Tool di komputer Anda.
  11. Tunggu hingga proses flashing selesai.
  12. Proses flashing selesai ditandai dengan tulisan “Pass” pada kolom bagian kiri aplikasi Odin.

Demkian artikel mengenai cara flashing Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge yang bisa kalian terapkan di ponsel kalian sendiri dengan mudah. Semoga dari artikel ini dapat memberikan banyak manfaat dan cukup membantu untuk Anda yang sedang membutuhkannya.