Cara Flash Samsung Galaxy S7 / S7 Edge Via Odin

Posted on
Cara Flash Samsung Galaxy S7 / S7 Edge Via Odin
5 (100%) 1 vote

Cara Flash Samsung Galaxy S7 – Apabila Samsung Galaxy S7  atau S7  Edge Anda belum tersedia untuk update OTA Android Nougat atau Samsung S7 Anda mengalami masalah software. Tenang saja, Anda bisa mengatasinya dengan flashing ROM secara manual.

Jika ponsel Samsung S7 Anda sampai sekarang belum mendapatkan pembaharuan otomatis yang tersedia ke Android Nougat. Itu bisa jadi karena ROM yang digunakan di ponsel Anda build dari negara lainnya, misalnya India, Vietnam, dan beberapa  negara lain. Hal ini biasa dialami ketika seseorang membeli ponsel diluar gerai resmi Samsung di Indonesia.

Lain halnya jika ponsel Anda mengalami masalah software, misalnya stuck di logo booting, ponsel mendadak tidak dapat digunakan, aplikasi keluar dengan sendirinya saat digunakan. Itu juga umum dialami ketika software Android di ponsel Anda sudah mulai mengalami bug, karena banyaknya file cache yang digunakan selama ini.


Kedua masalah diatas bisa Anda atasi dengan cara flash rom / firmware ke ponsel Samsung s7 Anda. Langkahnya cukup mudah, Anda tidak perlu menguasai teknik reparasi ponsel untuk melakukannya, yang Anda butuhkan hanya tool, perangkat komputer dan tentu ponsel Samsung s7 Anda. Tool beserta penjelasan lengkapnya bisa Anda baca dibawah ini.

Sebelum melangkah ke bawah, perlu Anda ketahui bahwa kami tidak bertanggung jawab jika suatu saat ponsel Anda mengalami error yang disebabkan ketidaktelitian menerapkan langkah atau human error lainnya. Maka pastikan Anda menggunakan kabel micro-USB berkualitas baik dan baterai terisi minimal 50% untuk meminimalkan risiko.

Bahan Flash Samsung Galaxy S7 / S7 Edge

Cara Flash Samsung Galaxy S7 / S7 Edge Via Odin

  1. Download semua file yang diperlukan diatas, setelah itu ekstrak filenya.
  2. Install USB Driver Samsung di komputer/laptop Anda.
  3. Buka aplikasi Odin Flash Tool dari komputer Anda.
  4. Klik tombol bertuliskan “BL” kemudian cari file Stock Rom / Firmware yang telah Anda download sebelumnya.
  5. Centang kolom disamping tombol yang bertuliskan “BL”.
  6. Matikan Samsung Galaxy S7 Anda.
  7. Masuk ke Mode Odin, caranya tekan dan tahan tombol “Volume bawah + Power + Home”.
  8. Hubungkan Samsung S7/S7 Edge Anda ke komputer menggunakan kabel data USB.
  9. Klik Tombol “Start” dari aplikasi Odin Flash Tool di komputer Anda.
  10. Tunggu hingga proses flashing selesai.
  11. Proses flashing selesai ditandai dengan tulisan “Pass” pada kolom bagian kiri aplikasi Odin.

Demkian artikel mengenai cara flashing Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge yang bisa kalian terapkan di ponsel kalian sendiri dengan mudah. Semoga dari artikel ini dapat memberikan banyak manfaat dan cukup membantu untuk Anda yang sedang membutuhkannya.