Cara Flash Vivo Y21 PD1309CW Via SP Flash Tool

Posted on
Cara Flash Vivo Y21 PD1309CW Via SP Flash Tool
Rate this post

Cara Flash Vivo Y21 PD1309CW Bootloop Via SP Flash Tool – Vivo Y21 merupakan salah satu produksi ponsel cerdas yang dikeluar oleh Vivo di tahun 2016 dengan desain body berbahan material metal. Dimana ini juga yang dilakukan oleh beberapa produsen ponsel ternama lainnya.

Ponsel ini menggunakan layar 4.5 inches, CPU Mediatek MTK6580, Quad-core dengan kecepatan processor 1,3 GHz Cortex-A7, dan kapasitas RAM hingga 1 GB. Dengan spesifikasi tersebut.  Ponsel ini dibandrol harga yang cukup relative murah yaitu sektiar 1,3 hinga 1,6  jutaan.

Dari sisi pengoperasian system, ponsel ini menggunakana android versi 5.1 Lollipop yang sudah di dukung dengan tampilan FunTouch OS versi 2.1. Dengan ini, tampilan antarmuka dari ponsel ini akan semakin menawan dan terkesan mewah dengan harga yang murah.

Jika dibandingkan dengan versi operating system dan antarmuka yang tersedia saat ini, memang versi OS yang digunakan bukanlah yang terbaru. Beberapa masalah mungkin bisa saja terjadi, mengingat sudah cukup tuanya operating system tersebut.

Sehingga beberapa masalah kecil akan kemungkinan dapat dialami, seperti lagging, stuck logo, aplikasi keluar sendiri, hingga masalah besar seperti bootloop, stuck logo. Maka dari itu mungkin Anda perlu memperbaharui os Anda selayaknya baru dengan melakukan flashing.

Flashing tidak hanya dapat meningkatkan versi atau menurunkan versi dari system operasi ponsel, melainkan juga untuk mengatasi beberapa masalah yang disebabkan oleh perangkat lunak dari ponsel kita. Sehingga, jika itu terjadi Anda tidak perlu lagi repot untuk mempebaharui os ponsel Anda, terkhusus pada Vivo Y21 yang panduannya dapat Anda lihat dibawah ini.

Bahan Flash Vivo Y21 PD1309CW

Cara Flash Vivo Y21 PD1309CW  Via Flashtool

  1. Download semua file yang dicantumkan diatas, kemudian ekstrak dan install di komputer PC.
  2. Buka SP Flash Tool dari komputer PC
  3. Setelah Flashtool terbuka, pilih bagian "Scatter-Loading", kemudianc ari file "MT65xx_Android_Scatter.txt" pada folder firmware vivo y21 original yang sudah di ekstrak dan klik "Open".
  4. Sesaat kemudian, flashtool akan menampilkan semua file scatter yang dipilih sebelumnya. Kemudian centang semua pilihan disamping nama file yang tampil.
  5. Pilih "Download Only" pada menu Dropdown yang tersedia.
  6. Klik tombol "Download" untuk mulai proses flashing file ke ponsel Vivo Y21 Anda.
  7. Matikan ponsel Vivo Y21 Anda, dan pastikan bahwa semua driver yang dibutuhkan telah terinstall dengan benar di komputer Anda.
  8. Hubungkan ponsel Anda ke komputer menggunakan kabel data USB sembari menekan tahan tombol Volume Up/Down hingga proses flashing berjalan. Proses ini ditandai dengan munculnya bar berwarna kuning.
  9. Tunggu hingga proses flashing selesai. Proses ini biasanya membutuhkan wktu sekitar 5-10 menit.
  10. Setelah flashing selesai, sebuah pemberitahuan akan muncul yang bertuliskan "Download OK" disertai dengan logo centang berwarna hijau dan seketika ponsel akan reboot dengan sendirinya.

Setelah ponsel hidup kembali, Anda sudah bisa menggunakan ponsel seperti biasanya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda ketika mengalami masalah software di ponsel vivo y21 Anda.