Cara Flash Xiaomi Redmi 3X Via MiFlash

Posted on
Cara Flash Xiaomi Redmi 3X Via MiFlash
Rate this post

Cara Flash Xiaomi Redmi 3X Via MiFlash – Xiaomi Redmi 3X merupakan salah satu perangkat xiaomi yang pernah dirilis tahun 2016 yang lalu dengan penggunaan spesifikasi yang ternanam cukup dari apa yang dibutuhkan dalam segmen pasar ponsel cerdas kelas menengah. Ponsel ini menggunakan interface MIUI 7.3 dengan basis Android 6.0.1 Marshmallow yang upgradable ke MIUI 9.

Dengan ponsel harga 1 jutaan, bisa dikatakan bahwa redmi 3x ini menjadi salah satu yang terbaik untuk dikelasnya. Dimana ponsel ini sudha menggunakan CPU 8 inti octa-core yang dapat mencapai kecepatan prosessor maksimal hingga 1,4 GHz. Terlebih di dalam ponsel ini mengguunakan Chipset Snapdragon 430 dengan kartu grafis Adreno 505. Sehingga ini bisa menjadi jaminan untuk dapat bermain beberapa game gerat tanpa mengalami lagging yang berarti.

Kekurangan dari sisi lainnya hanya terletak di operating system yang digunakan. MIUI 7.3 berbasis android marshmallow ini terkadang di kompatibel untuk melakukan beberapa tweaking di ponsel, sehingga dapat mengakibatkan beberapa masalah software yang bisa saja terjadi. Masalah yang dialami-pun cukup beragam, misalnya seperti gagal bootloop, aplikasi auto force closed, sering reboot sendiri, dan beberapa masalah lainnya yang membuat penggunaanya tidak layak.


Nah maka dari itu, salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan flashing seperti yang dijelaskan dibawah ini:

Bahan Flash Xiaomi Redmi 3X

Cara Flash Xiaomi Redmi 3X Via MiFlash

  1. Pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menginstall MiFlash di Komputer
  2. Kemudian Extract file Stock Rom / Firmware Xiaomi Redmi 3X di Komputer
  3. Install Driver Xiaomi yang dibutuhkan di komputer agar memungkinkan perangkat dapat terdeteksi.
  4. Melalui ponsel xiaomi Anda, alihkan ke mode download atau EDL dengan cara mematikan ponsel Anda kemudian menekan sambil menahan tombol “Volume Bawah” + “Power”. Setelah itu pilih “Download”.
  5. Buka aplikasi MiFlash dari komputer.
  6. Hubungkan perangkat Xiaomi Redmi 3X ke komputer menggunakan Kabel Data USB. Apabila terhubung dengan benar akan ditandai dengan indikator bertuliskan COM3 dari jendela Device.
  7. Pada kolom “Select”, pilih folder dimana Anda telah mengextract file Rom / Firmware Xiaomi Redmi 3X sebelumnya.
  8. Kemudian pilih “Clean All”.
  9. Pilih “Refresh” dari jendela Miflash.
  10. Ketuk tombol “Flash” untuk mulai melakukan flashing.
  11. Setelah proses flashing selesai, indikator yang bertuliskan “Done” akan tertera di jendela miflash.
  12. Reboot perangkat ponsel Anda untuk menerapkan file sepenuhnya.

Inilah beberapa penjelasan singkat dan mudah mengenai bagaimana cara menginstall ulang atau flashing rom / firmware pada ponsel cerdas xiaomi redmi 3x menggunakan miflash secara gratis. Semoga kedepannya artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda ketika sedang mengalami masalah software seperti yang diuraikan diatas.